Saham

Cara Memulai Investasi Saham Untuk Pemula

Cara memulai investasi saham untuk pemula haruslah dimulai dengan sangat hati-hati dan bukannya sekedar tergiur akan besarnya keuntungan yang ditawarkan. Kehati-hatian ini sangat dibutuhkan untuk menghindari terkena imbas resiko kerugian besar karena terjadinya fluktuasi harga saham. Setidaknya kita terlebih dahulu harus terdaftar sebagai nasabah di salah satu perusahaan sekuritas resmi yang tercatat di BEI dan membuka rekening efek sebelum mulai bertransaksi.

Trik ampuh memulai investasi saham

Memperbanyak literatur dan informasi mengenai investasi saham

Sebelum mulai berinvestasi di pasar saham, ada baiknya jika kita banyak belajar tentang dasar-dasar investasi. Pengetahuan ini bisa kita dapatkan melalui beragam artikel, buku panduan investasi ataupun mengikuti seminar mengenai investasi saham. Bagi yang memiliki modal minim, mengikuti sekolah pasar modal rutin yang diadakan BEI  di kawasan pusat bisnis SCBD selama dua hari setiap minggu bisa menjadi alternatif pilihan karena kita bisa mengikutinya secara gratis dan memperoleh sertifikat.

Join training investasi pasar modal

Mulailah dengan membuka rekening saham dan mengikuti pelatihan investasi yang dijalankan oleh perusahaan sekuritas pilihan kita. Kelebihan jika kita ikut serta dalam pelatihan jenis ini adalah adanya fleksibilitas jadwal training sehingga bisa kita sesuaikan dengan kondisi kita.

Siapkan kelengkapan berkas

Pada umumnya, berkas-berkas yang harus disiapkan saat ingin membuka rekening saham adalah fotokopi KTP, NPWP dan bagian depan dari buku tabungan kita.

Taati alur pendaftaran

Begitu selesai membuka rekening saham maka pihak sekuritas akan mengirimkan e-mail nomor sub rekening efek, nomor rekening investor, user name, password dan pin. Setelah itu, kita akan dibuatkan kartu akses dan rekening dana nasabah untuk melihat saldo dana di sekuritas tempat kita bergabung di dalamnya.

Mencermati jumlah setoran awal

Setiap perusahaan sekuritas akan memiliki kebijakan tersendiri mengenai besarnya dana awal yang harus disetorkan saat pembukaan rekening efek. Biasanya kisaran dana awal berada di nominal 100 ribu sampai dengan 5 juta rupiah.

Cermati aturan transaksi saham online

Bermain saham online tidak hanya memerlukan ketepatan prediksi naik turunnya harga saham melainkan juga mencermati biaya transaksi yang dikenakan terutama jika menggunakan jasa broker. Biasanya, besaran kisaran biaya adalah sekitar 0,15 sampai dengan 0,25 persen dari nilai transaksi jika melalui jasa broker. Sementara online trading akan mengenakan biaya sekitar 0,18  persen.

Pusatkan fokus pada kegiatan investasi bukannya mulai berspekulasi

Jika kita masih baru memulai bermain di pasar saham maka ada baiknya jika kita fokus pada sisi investasi. Pilihlah investasi jangka panjang karena spekulasi akan membutuhkan analisis yang sangat mendalam untuk bisa mendapatkan keuntungan.

cara memulai investasi saham untuk pemula di pasar modal syariah

Pasar modal syariah memiliki beragam instrumen investasi antara lain saham syariah, reksa dana syariah dan suku ritel negara. Sebelum memulai investasi, cermati profil broker atau manajemen investasi berdasarkan nilai sejarah dan juga keuangan yang dikelola perusahaan yang bersangkutan. Setelah menetapkan pilihan, siapkan dokumen lengkap yang terdiri dari KTP dan NPWP. Meski demikian, tahapan ini tetap saja membutuhkan sejumlah waktu untuk proses investasi. Ajukan pembukaan rekening, diverifikasi, diapprove lalu transfer dana awal.

Begitulah tahapan yang harus kita lalui. Tak sabar, segeralah mengikuti panduan di atas dan mulai dapatkan profit dengan cara memulai investasi saham untuk pemula di pasar modal syariah.

Posted by on .

Comments

0 comments so far.

You must log in to comment.