Saham

Panduan Belajar Analisa Fundamental Saham Pemula

Panduan belajar analisa fundamental saham pemula sangat diperlukan mengingat analisis fundamental adalah pengetahuan dasar yang harus dipelajari sebelum terjun dalam investasi saham selain analisa teknikal. Belajar mengenai metode analisa yang satu ini sangat penting terutama bagi yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang.  Bentuk analisis ini akan didasarkan pada faktor fundamental dari nilai nominal saham suatu perusahaan seperti kondisi perekonomian, prospek saham dan perusahaan itu sendiri.

Ada dua metode yang digunakan dalam analisis fundamental yaitu dari top-down dan juga bottom-up. Metode top-down akan melihat faktor makro perekonomian untuk mengetahui sektor usaha atau industri apa yang sedang berada dalam kondisi baik. Sedangkan metode bottom-up akan mencari informasi yang membuat saham yang diincarnya menjadi naik nilainya.

4 unsur informasi finansial

Nilai buku saham

Salah satu bentuk analisa fundamental saham adalah dengan mempelajari nilai buku saham. Nilai buku sendiri bisa diartikan sebagai perbedaan antara asset perusahaan dan passive. Nilai buku saham yang rendah seringkali berarti bahwa aset yang kita inginkan terlalu rendah. Hal ini justru dianggap sebagai investasi yang baik oleh para ahli saham.

Pendapatan per saham

Pendapatan per saham dihitung dengan cara membagi jumlah saham dalam keuntungan. Jika ada pertambahan penghasilan setiap tahunnya maka ini berarti bahwa perusahaan ini memiliki tingkat pertumbuhan yang baik.

Nilai buku ekuitas

Nilai buku ekuitas adalah prosentase yang didapat dengan membagi penghasilan perusahaan dalam satuan per saham dengan nilai bukunya.

Ratio pengeluaran

Ratio pengeluaran adalah prosentase penghasilan bersih perusahaan yang nantinya akan digunakan untuk membayar dividen. Jumlah normalnya adalah sekitar 25 sampai dengan 50 persen dari penghasilan bersih. Rasio lebih tinggi artinya bahwa perusahaan ini berjuang untuk memenuhi semua kewajibannya.

Pentingnya transparansi informasi

Ada kewajiban secara hukum bagi perusahaan untuk selalu memberikan pemberitahuan secara teratur mengani jalannya bisnis perusahaan. Biasanya, informasi ini akan tercakup dalam laporan tahunannya. Laporan tahunan sendiri adalah laporan operasi perusahaan selama setahun yang lalu dilengkapi dengan laporan detail setiap segmen perusahaan, informasi finansial termasuk profit dan kerugian, dan pernyataan tertulis dari auditor yang menjamin keakuratan data yang diberikan perusahaan.

Cakupan dasar analisa fundamental saham

– Analisa empat aspek finansial yang mencakup nilai buku saham, pendapatan per saham, nilai buku ekuitas dan ratio pengeluaran.

– Analisa laporan tahunan perusahaan yang meliputi garis besar filosofi perusahaan, laporan detil operasional perusahaan, informasi finansial, catatan kaki dan pernyataan tertulis oleh pihak auditor.

Selain dua hal tersebut, kita juga harus melihat aspek lainnya yaitu kemampuan manajemen, operasional, transparansi, rencana, persaingan perusahaan, tingkat suku bunga, inflasi, pertumbuhan ekonomi dan kebijakan atau peraturan pemerintah.

Langkah-langkah dasar dalam panduan belajar analisa fundamental saham pemula

  • Mengamati kondisi makro ekonomi dan pasar sehingga bisa melihat mana bidang usaha yang memiliki prospek cerah.
  • Melihat analisa laporan keuangan perusahaan untuk bisa mengetahui kinerja dari perusahaan yang bersangkutan.
  • Melakukan perbandingan dengan perusahaan pesaing yang sejenis.
  • Melakukan analisa terhadap harga saham yang ditawarkan apakah memang sudah dalam kisaran penawaran harga yang rasional.
  • Melakukan penilaian terhadap efisiensi operasional perusahaan.
  • Memberikan perhatian akan kredibilitas manajemen dan pemegang saham mayoritas dari perusahaan yang dituju.
  • Memperkaya referensi dari berbagai sumber lain seperti analisis media massa, berita, hasil riset dan sebagainya.

Cermati berbagai hal di atas agar kita bisa mendapatkan hasil investasi yang maksimal dari artikelpanduan belajar analisa fundamental saham pemula.

Posted by on .

Comments

0 comments so far.

You must log in to comment.