Saham

Panduan Belajar Analisa Teknikal Saham Pemula

Panduan belajar analisa teknikal saham pemula sangat penting jika kita ingin memiliki investasi saham yang bernilai profit maksimal nantinya. Analisis teknikal sendiri adalah suatu metode untuk mengantisipasi atau memprediksi pergerakan harga dengan penggunaan grafik. Mempelajari analisis teknikal akan mempermudah kita untuk memperkirakan kapan harus membeli atau menjual saham. 

Prinsip penting analisis teknikal

market price discount everything yang berarti bahwa harga yang terlihat oleh grafik akan menggambarkan semua yang mempengaruhi pasar atau investor

history repeats itself yang maksudnya adanya kecenderungan kuat bahwa pelaku investor dan pelaku pasar di masa lalu cenderung akan mengalami pengulangan. Salah satu contohnya adalah adanya kecenderungan investor untuk menjual sahamnya jika merasa cemas dan begitu merasa ingin lebih maka secara otomatis akan menaikkan harga saham

support and resistance adalah fungsi untuk mengindikaskan batas atas dan batas bawah dari pergerakan harga saham. Jika harga mendekati area alas atau support maka ada potensi untuk mengalami kenaikan dan demikian juga sebaliknya.

Stop loss, titik stop loss sangat penting untuk membatasi resiko ketika harga saham yang kita beli ternyata tidak mengalami progress sesuai dengan yang kita harapkan. Adanya faktor ketidakpastian harga inilah yang menyebabkan penentuan titik stop dan loss sangat penting.

Price moves in trend yang artinya pergerakan harga tidaklah acak tetapi memiliki satu pola tertentu. Pola ini akan terus berjalan sampai ada tanda bahwa pola ini akan terhenti atau justru akan berbalik arah.

3 dasar pembagian garis trend

Up trend atau bullish market

Trend harga naik ini biasanya akan terjadi terus menerus sampai ada tanda berbalik arah. Biasanya akan ada trend pembelian seiring dengan trend naik

Down trend atau bearish market

Trend turun adalah masa yang biasanya akan dimanfaatkan oleh para trader komoditas dan forex untuk melakukan short selling. Short selling disini maksudnya adalah trend untuk menjual dulu baru kemudian melakukan pembelian. Para pelaku short selling ini cenderung mendapatkan keuntungan yang besar dengan melakukan penjualan saham dahulu baru kemudian melakukan pembelian saat harga saham turun.

Kekurangan analisis teknikal

Analisis teknikal memiliki beberapa kekurangan yaitu sifatnya yang sangat subyektif sehingga bisa saja menimbulkan pandangan yang berbeda bagi 2 orang berbeda meski melihat pada 1 grafik yang sama. Selain itu, kekurangan lainnya adalah titik patokan yang hanya berpijak pada harga. Secara otomatis, ini akan seringkali mengabaikan faktor-faktor eksternal dan juga kondisi fundamental di luar kisaran harga saham itu sendiri. Untuk itu diperlukan analisis fundamental sebagai bahan pertimbangan. Hal ini tidak terlepas dari trend pasar, kondisi perekonomian dan kondisi perusahaan sendiri juga akan sangat berpengaruh.

Pentingnya panduan belajar analisa teknikal saham pemula

Jika kita ingin melakukan investasi dalam jangka pendek maka mempelajari analisis teknikal sangatlah penting dalam mengambil keputusan. Penggunaan analisis teknikal dalam melakukan trading akan sangat membantu kita untuk mempelajari karakter dari pergerakan harga. Semakin banyak pengetahuan dan kemampuan analisis teknikal yang mumpuni maka kita akan bisa mengenali dengan mudah peluang dari setiap keuntungan yang mungkin tercipta.

Investor saham yang handal akan mempelajari analisis teknikal dari waktu ke waktu untuk mengasah kemampuannya dalam mengidentifikasi trend harga. Dengan sendirinya maka setiap peluang akan perubahan harga yang menyimpan potensi profit akan mudah dikenali. Setidaknya, kita harus meluangkan waktu untuk mempelajari panduan belajar analisa teknikal saham pemula.

Posted by on .

Comments

0 comments so far.

You must log in to comment.