Saham

Tips Belajar Trading Saham Untuk Pemula

Belajar trading saham untuk pemula sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Kita hanya perlu menemukan panduan yang tepat untuk mulai belajar dasar-dasar trading saham. Bukan hanya sekedar mempelajari tapi juga mengerti dan memahami sepenuhnya akan konsep dasar yang ada. Sebelum berbicara terlalu jauh, alangkah baiknya jika kita memahami konsep trading saham itu sendiri. Trading saham adalah kegiatan membeli saham di kisaran harga rendah untuk dijual kembali di harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan.

Keuntungan atau kerap disebut sebagai capital gain  adalah keuntungan dari selisih harga beli dan jual. Periode waktu untuk memperoleh keuntungan ini bervariasi mulai dari beberapa hari, minggu atau bahkan bulan. Keuntungan bermain saham secara online adalah memiliki kebebasan waktu sekaligus kemungkinan untuk meraih profit yang besar bahkan saat indeks harga saham gabungan mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan tidak semua saham bergerak seperti IHSG jadi peluang untuk mendapat keuntungan akan selalu ada.

3 Tips dasar belajar trading saham bagi pemula

Belajar melalui demo account sembari menyiapkan modal

Pada umumnya, kita akan disarankan untuk mempelajari teori trading saham. Meski demikian sekedar mempelajari teori tanpa praktek tidak akan bisa memberikan hasil yang maksimal. Setidaknya kita harus mempelajari teori dasar analisis teknikal dan fundamental. Agar lebih mudah memahami, cobalah untuk belajar akun demo trading saham. Akun demo inilah yang nantinya akan memfasilitasi kita untuk melakukan trading saham dengan uang virtual. Kondisi pasar yang ditunjukkan akun demo itu sendiri akan memperlihatkan kondis pasar saham yang sebenarnya.

Berhati-hatilah saat belajar dengan akun demo. Hal ini penting karena kita seringkali tidak terlalu menganggap penting saat loss karena hanya menggunakan uang virtual. Agar berhasil, kita harus menggunakan uang virtual ini selayaknya uang riil. Rencanakan suatu trading plan dan analisis pasar. Jika mungkin, ikutilah berbagai seminar dan tambah pengetahuan dengan mempelajari buku-buku trading. Semakin banyak wawasan akan memudahkan kita untuk mempraktekkan mana teori dan tips yang bisa kita terapkan saat bermain saham sebenarnya.

Pandai memilih broker

Peran broker atau perantara dalam permainan saham sangatlah penting. Untuk itu kita harus pintar-pintar dalam memilih broker saat belajar trading saham untuk pemula. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kita sebaiknya memilih broker yang tercatat dalam bursa efek indonesia. Selain itu, sebaiknya kita memperhatikan jumlah setoran awal yang menjadi syarat untuk bergabung dengan broker yang bersangkutan. Besarnya komisi transaksi dan rekomendasi saham dari broker juga sangat penting untuk dicermati.

Selain itu, cermati juga fasilitas transaksi yang ditawarkan dan rekening dana investor. Perhatikan juga apakah broker yang bersangkutan memiliki fasilitas margin dan besarannya. Jangka waktu penyetoran jika terjadi ketidak cukupan dana juga sebaiknya menjadi faktor yang kita cermati sebelum memilih untuk bergabung dengan broker tertentu. Hal terakhir yang sebaiknya diperhatikan adalah besarnya denda yang dibebankan kepada kita jika mengalami keterlambatan penyetoran. Hal ini penting karena sangat mempengaruhi kondisi dana kita nantinya.

Mengumpulkan modal

Jika kita merasa bahwa kita sudah cukup mendapatkan latihan memadai melalui akun demo virtual maka saatnya kita membuka akun saham yang sebenarnya. Untuk memulai kepemilikan akun saham yang sebenarnya maka kita harus menyetorkan sejumlah modal. Besaran modal yang disyaratkan sendiri memiliki kisaran yang beragam mulai dari Rp. 100.000. Meski ada besaran modal yang terbilang kecil namun jika kita ingin mendapatkan keuntungan yang besar maka sebaiknya tidak menggunakan modal awal yang terlalu kecil.

Untuk mendapatkan keuntungan yang lumayan, setidaknya kita harus mengumpulkan modal awal sejumlah 10 juta rupiah. Bagaimana jika modal yang kamu miliki sangat minim? Ada baiknya untuk memilih produk investasi lain sambil menunggu terkumpulnya modal baru bermain saham. Hal ini tidak  terlepas dari besarnya resiko saat bermain trading saham. Memang tidak diharuskan untuk membuka akun saham riil dengan besaran 10 juta. Meski demikian, 10 juta adalah nilai indikator standar untuk mendapat keuntungan riil.

Trading sendiri memiliki dua cara yaitu strategi jangka panjang dan trading option. Jika kita hanya memiliki dana yang minimal tapi menginginkan hasil yang memadai dalam tempo singkat maka sebaiknya memilih trading options. Hal ini dikarenakan, strategi jangka panjang akan membutuhkan waktu yang relatif lama sebelum akhirnya mendapatkan profit. Rata-rata akan dibutuhkan waktu sekitar minimal 6 bulan untuk bisa mulai mendapatkan profit yang pertama kali.

Trading option sendiri akan melibatkan 3 pihak di dalamnya yaitu kita sendiri, broker dan juga pasar saham. Untuk bisa bergabung di pasar saham sendiri akan dibutuhkan dana yang relatif besar karena disinilah saham-saham dari perusahaan besar diperdagangkan. Tidak hanya membutuhkan dana dalam jumlah besar, strategi yang satu ini juga akan membutuhkan proses pengurusan dokumen yang relatif sulit. Untuk mengatasi prosedur yang sulit ini maka kita akan membutuhkan bantuan broker option.

Broker option adalah perusahaan yang memungkinkan kita sebagai trader untuk mendapatkan uang dari pergerakan harga tanpa kewajiban untuk membeli aset. Tidak hanya itu, kita bahkan tidak harus membeli saham riil namun hanya membeli pilihan instrumen finansial dengan memilih satu arah dari dua arah yang ada pada tren harga. Biasanya, perusahaan broker akan memiliki platform trading yang memperlihatkan grafik naik turunnya harga saham berbagai perusahaan. Kita hanya perlu memutuskan apakah saham tertentu akan mengalami kenaikan atau penurunan harga dalam periode waktu tertentu

Periode waktu ini sendiri akan ditentukan mulai dari 1 menit sampai dengan 1 jam. Jika prediksi harga yang kita tentukan benar maka kita akan mendapatkan keuntungan sebesar 80 persen dari nilai transaksi yang ada. Untuk memulai trading, ada beragam broker yang bahkan menawarkan nilai transaksi minimal sebesar 1 dollar. Tidak hanya itu, banyak juga broker yang menawarkan pengujian fitur platform secara gratis yang merupakan dasar belajar trading saham untuk pemula.

Sumber: Finansial.co

Posted by on .

Comments

0 comments so far.

You must log in to comment.